Koper dengan bahan Lembut atau Keras (hardcase atau softcase)?

Koper dengan permukaan lembut, yang biasanya terbuat dari nilon, polyester atau kanvas kain adalah jenis yang paling mudah disesuaikan daya tampungnya. Nilon dan polyester adalah bahan terbaik karena keduanya jauh lebih ringan.

Di sisi lain, koper dengan permukaan keras dapat melindungi barang – barang yang mudah pecah yang mungkin Anda bawa.


Ukuran

Pilihlah koper Anda berdasarkan lamanya waktu Anda menginap. Tas ransel cocok bila Anda hanya akan menginap satu malam, sedangkan koper berukuran 55 – 66 cm cocok untuk sebuah perjalanan singkat selama 3 – 4 hari. Koper berukuran lebih besar, seperti 70 -82 cm akan lebih cocok digunakan pada saat Anda tinggal lebih lama, misalnya 7 hari atau lebih, di suatu daerah tujuan.

Alat transportasi yang digunakan juga berperan dalam menentukan ukuran koper yang tepat. Anda tentu dapat menggunakan koper berukuran lebih besar bila Anda bepergian menggunakan pesawat udara dan tentunya harus menggunakan koper lebih kecil saat bepergian menggunakan kereta api.

Roda

Koper jenis Upright (beroda 2) sangat ideal bila isinya bukan benda – benda yang berat. Koper jenis ini lebih mudah ditarik bila berjalan diatas permukaan yang tidak rata dibandingkan koper berjenis Spinner (beroda 4), yang memang lebih cocok digunakan diatas permukaan yang lebih halus.

Namun demikian, koper berjenis Spinner (beroda 4) menawarkan kemudahan bergerak tanpa terpengaruh oleh berat beban didalamnya. Koper jenis ini juga memungkinkan Anda membawa beberapa tas (misalnya tas tangan, tas laptop, dan lain sebagainya) pada waktu bersamaan dengan lebih mudah.

Kebutuhan Khusus Apalagi yang Ada Saat Bepergian?

Untuk perjalanan bisnis, sebuah koper yang lebih formal dengan fitur pengepakan yang lebih banyak mungkin dibutuhkan. Seorang pelancong yang pergi untuk berekreasi mungkin membutuhkan solusi yang lebih sederhana.

Pilihlah koper yang dapat memiliki tampungan yang dapat diperbesar, hal ini memungkinkan adanya ruang tambahan sebesar 30% untuk mengepak tambahan barang.

Koper super ringan adalah salah satu pilihan yang populer di masa kini karena meringankan beban penggunanya dan memungkinkan seseorang untuk bepergian dengan lebih bergaya.

Koper yang memiliki gembok TSA (Travel Sentry Approved) akan merupakan pilihan yang tepat untuk mereka yang akan bepergian ke Amerika Serikat. Gembok TSA dapat dibuka oleh bagian bea cukai yang bertugas dengan menggunakan sebuah kunci universal pada proses pemeriksaan tanpa merusak kunci maupun kopernya.

Yang juga perlu dicatat adalah, bila mungkin, pilihlah koper yang memiliki warna – warni menarik – koper ini akan memberi nuansa ceria pada perjalanan Anda. Selain itu, koper yang demikian akan lebih mudah dikenali saat Anda menunggu barang Anda di karosel bagasi.


Demikian, semoga bermanfaat.

Kategori: Tips

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Us
Send via WhatsApp